MUSIKALISASI PUISI PUNYA ARTI


Perkembangan dunia sastra terus mengalami perubahan. Tidak terkecuali di Sumsel. Buktinya, dalam pementasan tunggal musikalisasi puisi oleh 25 peserta mampu memukau ratusan penggemar puisi yang memadati Graha Budaya Jakabaring, kemarin (3/12).

M Indra Aziz, ketua umum Tim Musikalisasi Puisi Hipnotizz menjelaskan, kegiatan musikalisasi puisi tidak lain untuk memberikan kesempatan bagi anak bangsa untuk mengapresiasi jiwa seni yang dimiliki melalui syair-syair puisi dengan diiringi suara musik. “Musik dan puisi merupakan ornamen penting dalam sebuh seni. Bila digabungkan akan membuat penggemar akan semakin larut dalam bait-bait puisi yang dibawakan oleh setiap peserta,” jelasnya di sela-sela kegiatan.

Apalagi dikatakannya, hingga saat ini komunitas-komunitas sastra yang berasal dari kalangan mahasiswa dan pelajar serta seniman, atau komunitas independen menjadikan musikalisasi puisi sebagai wadah apresiasi yang wujudnya bervariasi. “Dari kesempatan ini semua komunitas tadi, bisa secara total mengapresiasi wujud seni dengan lebih pas,” sambungnya.

Untuk pementasan musikalisasi puisi ini tidak hanya ditampilkan karya seni berupa puisi seniman Sumsel semata. Namun, tetap mengusung unsur keagamaan dengan tujuan membawa penonton larut dalam kekosongan namun mempunyai arti tidak terhingga. “Bukan berati kosong tidak bermakna, tapi kita bisa mengisi dengan semua karya yang baik. Di sinilah makna utama dari pementasan kosong namun punya arti tidak terhingga,” jelasnya.

Untuk penontonnya, tidak hanya dari kalangan mahasiswa maupun pelajar semata, tapi juga kalangan umum dan akademisi. “Untuk harga tiket, kita jual sebesar Rp10.000/tiket, dengan target penonton mencapai 300 orang. dan hasilnya nanti, sebagian akan kita sumbangkan untuk korban bencana,” bebernya.

Farhan, salah satu penonton yang ditemui mengaku terpukau dengan penampilan pementasan “Salut, ternyata ini juga memberikan pencerahan baru bagi kita penggemar seni khususnya seni sastra dari puisi yang dibawakan oleh semua peserta tadi,” terangnya.

Namun ia berharap, agar ke depan kegiatan seperti ini dapat menjadi agenda rutin sehingga kegiatan seni di Sumsel bisa semakin bergairah. “Semoga ini dapat terus dilaksanakan, sehingga karya seni puisi di Sumsel bisa terus berkembang,” tukasnya. (mg23)

Tulisan ini pernah dipublikasikan di http://sumeks.co.id, 3 Desember 2010.

About these ads

One response to “MUSIKALISASI PUISI PUNYA ARTI

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s