TANGGAPAN MANNEKE BUDIMAN UNTUK KATRIN BANDEL


Apakah Katrin Bandel punya bukti konkrit bahwa pidato Ayu dituliskan oleh GM?

Dia sendiri mengaku cari-cari data atau dokumennya di berbagai sumber tapi tak ketemu. Jadi, pernyataannya itu didasarkan pada sumber apa atau bukti apa? Saya pikir, jika Ayu atau GM mau menuntut Katrin dengan tuduhan fitnah bisa saja dilakukan.

Kalau kita lihat rekam jejak Katrin Bandel, sejak semula sekali dia memang getol menyerang Ayu Utami. bahkan, bisa dikatakan, namanya di blantika kritik sastra Indonesia menjadi bergaung persis karena serangannya yang sangat konsisten dan provokatif terhadap Ayu Utami. Aneh tapi nyata: ternyata keduanya ber”simbiotik”, cuma saya sifat simbiosisnya adalah “parasitisme”, bukan “mutualisme”. Sang kritikus hidup dengan cara mencaci-maki si penulis, dan dengan cara itulah eksistensinya sebagai kritikus lahir.

Di mata Katrin, seluruh dunia ini, termasuk orang-orang di Australia, Eropa dan Amerika, lembaga-lembaga internasional yang mengakui prestasi Ayu, itu semuanya goblok, dan cuma dirinya sendiri yang pinter.

Makanya, dia tak kunjung paham kenapa orang dunia internasional bisa mengapresiasi karya Ayu yang di matanya cuma seonggok sampah itu.

Manneke

Tulisan ini dikutip dari milis apresiasi-sastra, 2 April  2008.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s