TANGGAPAN GADIS ARIVIA UNTUK KATRIN BANDEL


Dear Katrin,

Thanks atas jawabannya. Saya kira sudah jelas posisi Katrin terhadap karya Saman karangan Ayu Utami. Mungkin benar pendapat Katrin bahwa politik seputar karya Saman perlu diungkap dan menjadi bahan pembelajaran yang penting.

Hanya saya menilai politik tersebut tidak berpengaruh pada suatu karya yang dihasilkan. Saya menganggap bahwa karya yang dihasilkan dinilai baik karena isi karya tersebut dan bukan unsur-unsur politisnya. Seperti yang sudah saya utarakan, dari sisi studi gender, karya Saman berhasil membongkar persoalan tubuh perempuan dan seksualitas perempuan. Tapi tentu saya menghargai pendapat Katrin dan menganggap masukan Katrin berguna.

Untuk poin kedua, saya pikir sah saja bila penelitian Katrin didasarkan pada sumber Figge dan Amanshauser mengupas soal hal-hal politis diseputar karya Saman dan tiba pada kesimpulan dari hasil sumber-sumber tersebut. Namun, sebagai peneliti tentu saya akan mempertimbangkan juga pendapat pelaku politis dalam hal ini GM dan KUK. Hasil wawancara Katrin pada mereka mungkin tidak sesuai dengan yang diharapkan akan tetapi dari hasil tersebut kita bisa mendapatkan interpretasi yang lebih mendalam lagi. Mungkin saya salah, tapi persoalan pembahasan politis sebuah karya sastra perlu konfirmasi dari berbagai pihak yang terlibat sebelum kita sampai pada suatu kesimpulan.

Any way, thanks for your thoughts, I appreciated very much.

Hugs,
Gadis Arivia

Tulisan ini dikutip dari milis Jurnal Perempuan, 3 April  2008.

Tinggalkan Balasan

