TANGGAPAN KATRIN BANDEL UNTUK GADIS ARIVIA


dari posting Manneke:

“Esai di Republika itu menjadi “ilmiah” di mata pembaca karena ditulis oleh seorang Katrin Bandel. Tapi dengan mudah, jika nama itu diganti nama lain, seperti Saut Situmorang misalnya, maka pandangan pembaca atas keilmiahan esai itu juga bisa berubah. Ini faktor esktratekstual dalam pemaknaan sebuah genre yang tak kalah penting dari karakteristik generak yang dikandung sebuah tulisan. Saya pikir, jika bukan Katrin Bandel yang menulis artikel itu, perhatian orang mungkin tak akan sebesar seperti sekarang.”

Nah, Gadis Arivia, coba Anda lihat, kawan Anda Manneke sendiri mengakui betapa pentingnya faktor ekstratekstual dalam penilaian sebuah tulisan. Tulisan jelek dan tidak “ilmiah” menjadi bagus dan ilmiah di mata pembaca hanya karena nama penulisnya Katrin Bandel yang bule itu, begitu argumentasi Manneke.

Lalu mengapa Anda terus-menerus mempertahankan bahwa “Saman” itu dianggap bagus karena teksnya memang bagus, dan segala sesuatu di luar itu tidak berpengaruh?

Kalau kita tidak boleh memperhitungkan unsur ekstrateksual, bukankah gender penulis “Saman” juga tidak boleh diperhitungkan? Lalu mengapa Anda sibuk membicarakan kontribusi dan posisi Ayu Utami sebagai “pengarang perempuan”?

Kembali pada esei saya. Ya, tentu saya sadari bahwa nama saya, dan khususnya identitas saya sebagai orang asing, punya pengaruh terhadap resepsi pembaca. Itu memberi saya keleluasaan untuk mengekspresikan pendapat, tapi juga membuat tanggung jawab saya relatif berat. Saya menulis esei itu dengan kesadaran bahwa saya punya tanggung jawab moral terhadap sastra Indonesia. Kalau Anda tidak suka pada cara saya memahami tanggung jawab moral tersebut, terserah Anda.

Katrin Bandel [www.katrinbandel.com]

3 April 2008

Tulisan ini dikutip dari milis Jurnal Perempuan, 7 April  2008.

Tinggalkan Balasan

