PRAMOEDYA INSTITUTE


Pramoedya Institute awalnya adalah Klab Baca Pramoedya, sebuah kelompok diskusi di Bandung yang membahas segala hal tentang Pramoedya Ananta Toer (karya novelnya, cerpennya, karya non-fiksinya, hasil wawancara di media, kehidupan Pramoedya itu sendiri, atau apapun tentang Pramoedya). Namun tak menutup kemungkinan membahas karya sastra lain, atau hal-hal yang bertautan dengan tema yang sedang diangkat pada saat itu.

Sejarah
Sejak Januari 2003, Klab Baca Pramoedya dihadiri oleh berbagai kalangan mulai dari pelajar, mahasiswa, dosen, wartawan, peneliti, penulis, seniman, aktivis sosial, karyawan, buruh, pedagang buku, pengangguran, dll, dengan rentang usia 17 tahun sampai dengan 75 tahun.
Setelah setahun berdiri, dengan meminjam tempat dan bekerjasama dengan Toko Buku Kecil (Tobucil), Jl Ir. H. Juanda/Dago dan Kyai Gede, Bandung), diwujudkankanlah Pramoedya Institute sebagai payung dari semua kegiatan yang diawali dari komunitas diskusi Klab Baca Pramoedya. Secara resmi Pramoedya Institute berdiri pada 24 Oktober 2003.
Karena praktis sejak berdiri kegiatan Klab Baca Pramoedya tak sekadar berdiskusi setiap Sabtu pukul 15.00 sore lagi. Sudah sejak beberapa bulan berjalan dengan tema diskusi yang beragam, muncul media dengan nama Lembar Klab Baca Pramoedya (Kompal-Kampil) dan digarap oleh peserta diskusi itu sendiri. Isinya merupakan dokumentasi dari sari diskusi selama Sabtu ke Sabtu. Dengan mendokumentasikan hal tersebut, diharapkan diskusi menjadi tak sekadar wacana belaka.

Perkembangan Kini
Setelah itu, Pramoedya Institute dipercaya memegang satu halaman penuh Harian Radar Bandung, khusus halaman budaya yang muncul setiap hari Minggu, dengan nama rubrik Senandika.
Pada Juni 2004 Pramoedya Institute menerbitkan buku kumpulan esai dengan judul Pramoedya Ananta Toer dan Manifestasi Karya Sastra, kerjasama antara Pramoedya Institute dan Penerbit Malka).
Juga Pramoedya Institute kembali akan menerbitkan beberapa judul buku yang berkenaan dengan Pramoedya Ananta Toer, antara lain: Suatu Hari Dalam Kehidupan Pramoedya Ananta Toer, karya Alfred D. Ticoalu dan Tailalat yang merupakan cerpen Pramoedya yang diterjemahkan ke dalam beberapa bahasa daerah di Indonesia, seperti Batak, Minang, Sunda, Jawa, Madura, Bali, Manado, Banjar, dll. Dengan demikian praktis Pramoedya Institute tak sekadar diskusi rutin. Praktis Klab Baca Pramoedya hanyalah satu dari sekian divisi yang ada di Pramoedya Institute. Divisi lain adalah menerbitkan situs web yang kini sedang digarap.
Kerja panjang lainnya yang menjadi konsentrasi utama adalah kerja dokumentasi atas segala sesuatu yang berhubungan dengan Pramoedya Ananta Toer, meliputi buku-buku karya Pramoedya -baik buku-buku terbaru maupun karya-karya klasiknya serta yang terbit di berbagai bahasa di dunia, berita di media -baik koran, majalah, tabloid, maupun internet, wawancara Pramodya di media.
Hingga kini Pramoedya Institute menjadi salah satu rujukan bagi mahasiswa dan peneliti yang akan melakukan riset, skripsi atau tesis. Selain turut aktif pada setiap acara-acara Pramoedya Ananta Toer, yang digelar baik di Bandung, Jakarta, juga luar negeri, beberapa universitas dari mancanegara kerapkali melakukan kontak saat membutuhkan sesuatu yang berkenaan dengan Pramoedya Ananta Toer.
[sunting] Membaca Pramoedya
Pada Juli 2004, Klab Baca Pramoedya memutuskan berhenti “menumpang” tempat di Toko Buku Kecil sebagai penyedia tempat diskusi. Dengan kepindahan tersebut, Klab Baca Pramoedya, berinisiatif mengganti nama menjadi Membaca Pramoedya. Tempat diskusi sekaligus markas Pramoedya Institute pun dipindahkan ke Jalan Ir. H. Juanda tempat dimana Pramoedya Institute berpusat, hingga akhirnya menempati tempat baru di Jalan PHH Mustopa 54a Bandung yang juga tempat dimana Rumah Malka (Toko Buku Malka, Penerbit Malka) beroperasional dan mulai mengembangkan divisi anyar, Rumah Penulisan Malka.
Kini Membaca Pramoedya, selain merupakan diskusi di sebuah milis (membacapramoedya@yahoogroups.com) dengan ratusan anggota, sedang merampungkan sebuah website resmi Pramoedya Ananta Toer (www.pramoedya.org) berisi segala informasi tentang Pramoedya Ananta Toer.

Tulisan ini dikutip dari http://id.wikipedia.org/ pada 28 April 2009.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s