RUTIN PRESENTASIKAN PUISI


Perkembangan dunia sastra di Banjarmasin saat ini sangat menggembirakan. Hal ini dapat dilihat dari mulai munculnya komunitas sastra.

Bahkan, komunitas pencinta seni sastra ini, mulai marak bukan hanya di kalangan masyarakat umum saja, tapi sudah mulai merambah kalangan mahasiswa dan pelajar.

Fenomena ini merupakan bukti sastra memiliki tempat tersendiri dalam pergerakan mahasiswa sebagai orang yang intelektual juga sebagai insan seni.

Dan komunitas sastra di lingkungan mahasiswa yang baru terbentuk adalah Komunitas Sastra Antasari (KSA). Komunitas ini dibentuk oleh mahasiswa IAIN Antasari Banjarmasin Sabtu (4/12) lalu.

Komunitas sastra dibentuk usai digelarnya sebuah workshop sastra, yang dilaksanakan di Fakultas Tarbiyah. Waktu itu pemberi materinya saat itu sastrawan Kalsel, yaitu Hajriansyah dan Sandi Firli.

Peserta workshop sastra saat itu, berjumlah sekitar 63 orang. Dan mereka berasal dari berbagai fakultas yang ada di IAIN Antasari Banjarmasin, yang kemudian menjadi anggota KSA tersebut.

Ketua KSA yang baru saja terpilih, Nor Izatil Hasanah Senin (6/12) sore mengatakan, dengan dibentuknya KSA tersebut, merupakan terobosan baru di lingkungan IAIN Antasari Banjarmasin.

Dia menambahkan, dengan dibentuknya KSA tersebut, dimanfaatkan sebagai media untuk memperdalam pengetahuan tentang sastra, sekaligus untuk menyalurkan kreativitas dalam dunia seni sastra di IAIN Antasari.

Menurutnya, ini merupakan terobosan baru. Sebab dari sekian banyak Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang ada di IAIN Antasari Banjarmasin.

Hanya KSA ini satu-satunya UKM yang khusus menggeluti seni sastra. Sementara yang lainnya, UKM nya lebih banyak bergelut dalam bidang seni musik, teater, dan lain sebagainya,” ujar Izatil.

Dengan terbentuknya KSA ini, tambah Izatil, tentunya akan berguna sebagai media untuk memperdalam pengetahuan tentang sastra.
Selain itu untuk menyalurkan kreativitas, dalam rangka memajukan seni sastra di IAIN Antasari Banjarmasin.

Dijelaskan mahasiswi semester V program studi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah ini, meski baru saja dibentuk, KSA sudah mempunyai agenda rutin untuk sementara ini. “Kita menggelar pertemuan rutin setiap dua minggu sekali,” ujarnya.

Dan dalam pertemuan tersebut, masing-masing anggota KSA akan mempresentasikan karyanya, baik yang berupa puisi dan cerpen di hadapan anggota KSA lainnya. (Red: Eka D)

Tulisan ini pernah dipublikasikan di http://www.banjarmasinpost.co.id, 7 Desember 2010.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s