ANITA: PERKAYA RANAH SASTRA INDONESIA


Masih ingatkah Anda dengan majalah Anita Cemerlang? Media remaja yang dikenal dengan Majalah Cerita Pendek (cerpen) dancerita bersambung (cerbung) yang sempat terkenal di era 80-an ini, kini para penulisnya membentuk organisasi yang bernama Asosiasi Penulis Cerita yang disingkat “Anita”.

Menurut Kurnia Effendi, Ketua Anita, ada dua alasan dibentuknya Asosiasi ini, yaitu memberi semangat kepada para penulis alumni majalah Anita untuk menulis kembali dan ingin menumbuhkan pengarang-pengarang muda untuk berani tampil.

Kurnia menambahkan, terbentuknya Komunitas Anita berawal dari reuni yang digelar pada Februari 2009 di Jakarta. Setelah terbit di akhir tahun 70-an dan berhenti di awal 2000-an, para penulis yang pernah mengisi majalah Anita Cemerlang tak pernah bertemu.

“Nah, pas Februari lalu para penulis di Majalah Anita Cemerlang mengadakan reuni di Jakarta. Dari reuni itu akhirnya dibentuk komunitas Asosiasi Penulis Cerita yang anggotanya lebih dari 100 orang,” ungkap Kurniawan.
Kurnia menambahkan banyak kegiatan yang pernah dilakukan oleh Anita diantaranya adalah membuat pelatihan-pelatihan menulis, membuka forum-forum diskusi atau sebagai wadah pemberian informasi.

Saat ini Anita memiliki obsesi dengan membuat buku sebanyak 100 buku dengan target sampai tanggal 15 februari 2010. “Awalnya kami sempat pesimis akan mencapai target 100, tapi lama kelamaan kami yakin bisa mencapai target buktinya saat ini sudah ada 30 buku yang terbuat,” kata Kurnia.

Kurnia mengatakan, harapannya, Anita ini bisa menjadi wadah bagi para penulis baik senior maupun junior dan dia juga berharap agar Anita bisa berkembang dan tidak berjalan ditempat. (Thamrin Mahesarani/Novriyadi)

Tulisan ini pernah dipublikasikan di http://www.tnol.co.id, 12 Agustus 2009.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s