PENYAIR GORONTALO HIDUPKAN KEMBALI PSK


Sejumlah penyair di Gorontalo berinisiatif untuk menghidupkan kembali komunitas sastra yang sempat mati suri yakni kelompok Perjuangan Suku Kata (PSK).

“Facebook mempertemukan kami, sehingga muncullah inisiatif untuk saling bertemu dan membentuk komunitas,” kata penyair dan anggota lama PSK, Syamsuddin R Ishak, Jumat (8/10).

Kelompok PSK dihidupkan kembali oleh para anggota lama yang didukung oleh sejumlah penyair lain yang sebelumnya tidak saling mengetahui latar belakang dan aktivitas masing-masing.

Wadah dengan format anggota yang lebih kaya latar belakang itu diharapkan dapat menjadi tempat saling bertukar pikiran, ide, dan apresiasi atas karya-karya sastra yang dihasilkan oleh penulis-penulis asal Gorontalo.
“Dengan berdirinya kelompok ini, kami berharap dapat memberikan warna lain dengan menyemarakkan kegiatan sastra di Gorontalo,” penyair lainnya, Ismanto Athief Lihawa.

Selama ini, lanjutnya, kegiatan sastra di wilayah itu masih terbilang minim, padahal sebagai daerah transisi yang belum lama terbentuk sebagai provinsi, tentu dinamika Gorontalo belum banyak menyentuh ranah tersebut.

Sebelumnya, sekitar tahun 2007, di Gorontalo sempat berdiri sebuah komunitas sastra bernama PSK yang diinisiasi oleh segelintir penulis sastra, namun kelompok ini hanya berumur pendek dikarenakan kesibukan masing-masing anggotanya.

Kini, kelompok yang beranggotakan mahasiswa, jurnalis, aktivis pergerakan hingga pengusaha ini sedang merencanakan sejumlah kegiatan untuk menyemarakkan sastra di Gorontalo.

Kegiatan itu antara lain menggelar pengajaran dan pengenalan sastra di sekolah-sekolah, pembuatan buku antologi puisi, serta ajang rutin bulanan yang dinamakan “piknik para penyair” yakni menulis puisi bersama di objek-objek tertentu. (antara/mae)

Tulisan ini pernah dipublikasikan di berita.kapanlagi.com, 8 Oktober 2010.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s