KOMUNITAS BULUNGAN DUNIA NYATA MAYA


MEREKA menyebut dirinya sebagai komunitas Bulungan atau komunitas seni Bulungan (KSB). Ini adalah komunitas yang berisi orang-orang yang semi-nat dan aktivitas yang serupa! Ada para penggiat seni sastra, ada penggiat seni lukis, ada penggiat seni musik, tari dan sebagainya.

Aktivitas mereka memang lebih kepada seni. Seperti halnya lokasi yang mereka pilih untuk bertemu yakni gelanggang remaja Bulungan. Uki Bayu Sedjati, Koordinator (ketua) komunitas seni Bulungan menyebutkan bahwa ide pendirian komunitas ini memang benar-benar berdasarkan minat yang sama terhadap aktivitas seni.

“Disini, berbagai kegiatan seni ada, teman-teman yang memiliki bakat dan kemampuan seni bisa berbagi dikomunitas ini,” katanya.

Mereka yang menjadi anggota komunitas seni Bulungan, sering nongkrong bareng,membuat aneka kegiatan bareng-bareng. Prinsipnya eksistensi para seniman Bulungan dibangun secara bersama.

Kekompakan dan kebersamaan benar-benar menjadi ciri khas anggota komunitas ini. Saking kompaknya, mereka acapkali minum dan makan dari wadah yang sama. Nongkrong di kedai minuman, sambil bertukar pikiran, mengupas ie-ide seni maupun kegiatan social kemasyarakatan.

Hal yang lumrah mereka lakukan sehari-hari. Sebab di komunitas inilah para penggiat seni punya teman yang seminat. Punya kawan yang sejalan. “Bakat seni yang dimiliki para seniman pun tumbuh subur jcarena memang ketemu lahannya,” kata Uki.

Anggota komunitas tak sebatas mereka seniman yang sudah punya nama besar. Para penggiat seni yang mulai merangkak pun bisa bergabung. (inung/nk)

Tulisan ini pernah dipublikasikan di Harian Pos Kota (Jakarta), 6 Oktober 2010.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s