Selamat Berkunjung

Mulanya adalah keterlibatan di suatu komunitas sastra. Kemudian, keterlibatan tersebut merangsang upaya pengenalan, pendalaman, dan penghayatan lebih lanjut dengan segala kelebihan dan kekurangan akibat keterlibatan itu.

Blog ini merupakan salah satu buah dari upaya pengenalan, pendalaman, dan penghayatan itu. Melalui blog ini, kami ingin membicarakan fenomena komunitas sastra di Indonesia dari pelbagai sisi untuk memperkaya pembahasan tema tersebut. Upaya memperkaya itu tentu akan makin optimal jika melibatkan Anda.

Apalagi, kami menyadari, komunitas sastra merupakan tema yang relatif baru di Indonesia, meski keberadaan komunitas sastra di Indonesia sebagai suatu organisasi telah berlangsung lebih dari 100 tahun dan kehadiran komunitas sastra bukan sebagai suatu organisasi jauh lebih lama lagi. Pembahasan komunitas sastra sangat berbanding terbalik dengan pertumbuhan komunitas sastra sejak 1970-an atau 1980-an.

Terima kasih atas kunjungan dan kontribusi Anda.

Salam,

Redaksi Komunitas Sastra Indonesia

14 responses to “Selamat Berkunjung

  1. Salam Sastra. Terbayang-bayang teman-teman peserta Kongres KCI V di Banjarmasin. Bersilaturrahim,shering pengalaman dan kunjungan ke Pasar Terapung.
    Salam
    Arsyad Indradi

  2. apa kabar komunitas sastra?
    saya kadek, saya berasal dari lombok. saya adalah salah satu orang yang sangat menyukai dunia sastra.
    bagaimana cara saya agar bisa bergabung di komunitas sastra?
    trimakasih

  3. Salam sastra saya mau ikut gabung bagaimana caranya. Saya kebetulan adalah Ketua Komunitas Sastra Indonesia Tanah Bumbu Kalimantan Selatan yg terbentuk pada thn 2006 yl, saya juga hadir pada Kongres KSI di Kudus, saya terpilih sebagai Sekretaris III, didunia kepenyairan di daerah saya lebih dikenal dengan nama pena Oka Miharzha.S.
    Insya Allah saya akan hadir bila diundang di kongres II di Jakarta nanti

  4. Yth redaksi.
    Bagaimana ni kabarnya?
    Saya adalah salah satu makhluk yang pingin memperdalam dunia tulis menulis, alhamdulillah sudah semenjak SMA/MA dulu.
    Apakah kita bisa saling mendorong memberikan mutivasi?
    Atau redaksi punya relasi dengan penerbit?
    Matur nuwun

  5. salam sastra,
    redaksi yth,. saya adalah penikmat sastra yang sekarang tinggal di lamongan, sebuah kota kecil di jawa timur yang belum mempunyai tradisi keilmuan secara umum, dan tradisi sastra secara khusus. Ada beberapa komunitas sastra:kelompok2 kajian sastra dan teater-teater, namun masih sangat terpusat di kampus-kampus dan sekolahan.
    selain penikmat, saya juga menulis beberapa kumpulan puisi, cerpen, novel. saya juga aktif di salah satu kelopok kajian sastra candra kirana lamongan. saya berharap, di situs ini saya bisa sharing dan tukar wawasan dengan semua komunitas sastra di seluruh indonesia.
    semoga berkenan.

    • Terima kasih atas kunjungan Anda. Kami akan senang sekali jika Anda mengirimkan kajian Anda dan teman-teman di Candra Kirana tentang komunitas sastra kepada kami: Redaksi Komunitas Sastra Indonesia ragajiwa07@yahoo.com. Anda juga bisa mengiriim profil lengkap komunitas sastra Anda untuk kami muat.
      Semoga Candra Kirana tetap aktif dan terus berkembang.

    • Bung Wahyu, Indonesia Literary Community bukan organisasi, sehingga Bung tak bisa bergabung jika itu memang maksud Bung dg kata “gabung”. Meski begitu, Bung dapat berpartisipasi dengan mengirimkan tulisan yang berkaitan dengan komunitas sastra di Indonesia, baik dalam bentuk tulisan analisis atau laporan kegiatan suatu komunitas sastra di Indonesia.
      Terima kasih atas kunjungan, Bung.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s