Tentang Kami

Komunitas Sastra Indonesia adalah blog yang mencoba menjelajahi pelbagai perkembangan komunitas sastra di Indonesia. Blog ini tidak dikelola atau dimiliki suatu komunitas sastra sebagai organisasi. Blog independen ini diluncurkan dari Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, Indonesia, sejak 24 Juli 2007.

55 responses to “Tentang Kami

  1. Salam,
    Saya dari Komnas Perempuan ingin mengundang Anda untuk hadir di diskusi Rabu Perempuan tanggal 2 April 2014 pukul 18.00-20.00 bertempat di Kedai Tjikini, Menteng, Jakarta Pusat (seberang menteng huis).
    Judul diskusi Rabu Perempuan kali ini adalah Perempuan Sebagai Objek Seni. Membahas hubungan antara tema keperempuanan dalam seni dengan konstruksi gender di masyarakat. Diskusi ini akan menghadirkan narasumber Daeng Khrisna Pabichara (penulis dan penggiat sastra)
    Acara ini GRATIS. Untuk informasi lebih lanjut sila menghubungi saya via email di oliviamiaa(at)gmail(dot)com. Ditunggu kehadiran kawan-kawan.

  2. Selamat siang, kami dari Komunitas Negeri Limadaya ingin mengundang Anda untuk ikut berpartisipasi dalam Dialog Kebudayaan dalam rangka Sosialisasi RUU Kebudayaan yang akan di selenggarakan pada tgl 26 Januari 2013 yang berlokasi di Hotel Gren Alia, Jl Cikini Raya. Jakarta Pusat. Pada pkl 13.30 yang akan mengundang nara sumber, antara lain :

    1. Muh. Hanif Dhakiri, Anggota Panja RUU Kebudayaan DPR RI
    2. Prof. Dr. Edi Sedyawati, Mantan Dirjen Kebudayaan
    3. Arie Budiman, Kadis Parbud DKI Jakarta
    4. Radhar Panca Dahana, Budayawan
    5. Moderator, Iwan Kurniawan, Jurnalis Media Indonesia.

    acara pembuka akan dihadiri langsung oleh Wakil Gubernir DKI Jakarta.

    dimohon kehadirannya untuk mensosialisasikan RUU kebudayaan.

    Salam,

    Komunitas Negeri Limadaya

  3. Selamat siang, saya dari jurusan Komunikasi UGM.

    Saya ingin memberitahukan bahwa dalam waktu dekat kami akan mengadakan acara FGD untuk komunitas penulis di Banjarmasin, bekerja sama dengan Kementerian Ekonomi Kreatif. Berkenaan dengan acara tersebut, bisakah saya mendapatkan nomor kontak untuk dihubungi lebih lanjut?

    Mohon perhatiannya. Terima kasih🙂

  4. saya sangat senang bisa bergabung dengan komunitas ini….walaupun saya penulis jalanan yang belum juga laku……saya ingin belajar….saya punya mimpi,,,,suatu saat bersama komunitas ini menerbitkan antologi……salam kenal untuk para senior…….cari waktu dong kita bisa ngumpul bareng…share atau diskusi…biar saya yang baru ini bisa belajar dari para senior….Salam kenal untuk semua…

  5. blog ini berkualitas
    hanya partisipasi dri yang mengunjungi
    belum begitu maksimal……………………..

    maka ayo kit sama2
    menjadikan blog ini
    sebagai fasilitas untuk share n sebagainya………

    semoga sukses

  6. senang bisa melihat blog ini,,
    saya mau tanya, apa bisa saya berkenalan dan wawancara dengan salah satu sastrawannya,,???
    soalnya saya sedang kliah di jurusan sastra…
    mohon infonya
    terimakasih

  7. saya baru beli inti sari[majalah] bekas edisi des 2001,saya terharu ada orang yg rela bercapek ria bikin situs ini. saya pernah baca buku dari karl may [beberapa judul] saat itu sekitar medio 1984 itupun hasil nyolong dari rumah teman. berkesan sekali bagi saya. hingga kini saya punya anak kls 1 smp saya ceritakan tentang buku itu.dan ternyata dia juga lebih tergila gila lagi dgn buku k.may nya. namun sayang buku ini agak sulit ditemui di perpustakaan sekolah maupun pepustakaan kantor bupati di kota kami lubuk pakam deli serdang. namun saya senang situs ini sudah ada. salam untuk semua

  8. Wah…..blog ini bagus untuk pendidikan dan pembinaan sastra untuk meningkatkan wawasan kita terhadap perkembangan sastra di tanah air………Tetap semangat dan berkarya…!!!

  9. Salut buat KSI! Biar pun bukan milik organisasi dan tidak akan melembaga ke sana, tapi secara alami KSI telah melembaga dengan sendirinya. Tinggal bagaimana sang pemilik blog memanfaatkannya untuk kebutuhan finansialnya agar blog ini dapat ditingkatkan fungsi idealismenya untuk mengembangkan dan menyemarakkan sastra Indonesia. Semoga dan salam sastra!

  10. Salam kenal untuk semua pecinta dan pencipta karya tulis Indonesia baik cerpen, puisi dan sebagainya. Ingin berbagi info kalo saya memiliki website yang mendukung semua karya-karya tulis Indonesia termasuk buku, komik dan majalah dengan sistem digital online atau baca buku nyaman langsung tanpa didownload atau diprint untuk menjaga hak cipta. webnya: http://www.virtualxbook.com ,kalau ada yang teman-teman yang tertarik untuk kerjasama, saya akan senang sekali bisa bermanfaat. disini karya juga dapat dijual, disewa atau gratis tergantung penulisnya, jadi penulis bisa punya pendapatan alternatif.
    Pokonya dukung terus semua hasi karya tulis indonesia !!!

  11. Aku sejak tahun 1999 udah bergaul sama orang2 sastra & amat menyenangkan bisa dekat dengan mereka.hidupku berwarna karena di isi dengan hal yang begitu labirin bagi duniaku sendiri.terutama dengan puisi2 dari seniman yang bernama Endang Supriadi, wauw…keren abis bahasanya.

  12. salam kenal”wah….boleh dong saya ngabung, saya mahasaiawa IHDN yang doyan bgt ma dunia teater, klo ada naskah tentang kerajaan, kirimin ya k email saya, sekarang saya ikut dua teater teater lalang gadang yang ada di kampus saya dan terater ambengan yang ada di luar kampus saya,mohon bantuannya agar saya bisa mengembangkan hobi saya main teater

    • Terima kasih atas kunjungan Anda. Dengan sangat menyesal, kami tidak dapat memenuhi keinginan Anda. Blog ini bukan milik organisasi dan blog ini mengkhususkan diri dalam dunia komunitas sastra di Indonesia. Kalau teater Anda melakukan kegiatan sastra, Anda boleh kirimkan kegiatan tersebut. Terima kasih.

  13. Trima kasih kepada raga jiwa sudah mampir ke blog saya dan memberitahukan adanya sebuah blog mengenai komunitas sastra untuk mengembangkan buah pikiran dan kreatifitas bangsa. Semoga blog ini dapat maju terus dan menambah manfaat bagi kita semua.

    Salam,

    http://windyasri.wordpress.com

    • haloooo………………………………………………..
      sastra adlh sebuah ilmu yang mempelajari bagai mana ungkapan hati bisa diucapkan lewat kata-kata,,,,,,,,,,,,,,,

  14. halo!

    kami dari Perkosakata ingin mengundang teman-teman semua untuk datang ke acara Gathering Penulis dan Penerbit dengan tema “Writing for Young People”

    Pembicara: Ika Natassa, Penulis metropop; Christian Simamora, GagasMedia; Helvy Tiana Rosa, Penulis dan dosen (dalam konfirmasi)
    Moderator: Lita S, Komunitas baca Goodreads

    Minggu, 19 Juli 2009 Jam 13.00 – selesai di Red Table Cafe, Jl. Ahmada Dahlan 1 dan 2, Kebayoran Baru Jak Sel (samping Circle-K dan Dapur Coklat Gandaria)

    Gratis! tersedia makanan dan minuman ringan, doorprize, stand buku GagasMedia, Grasindo, dll.

    ditunggu kedatangannya!

    terima kasih

  15. dulu KSI pernah menerbitkan antologi puisi, kalau tdk salah ada yg berjudul Cisadane, Gorong-gorong, Benteng dll. dimana ya kalau saya ingin mengkoleksinya?
    salam, sastra,
    anton sulistyo

    • Terima kasih atas kunjungan Anda.
      Kami bisa membantu mencarikan, walaupun ini bukan blog KSI.

  16. saya adalah lelaki setengah baya, terjebak di imajinasinya tentang kata, mencoba memainkannya dalam tarian di gelap malam, saat sebagian makhluk di muka bumi sedang tertidur bahkan mungkin hingga mendengkur.
    sebagian menyebut setiap catatan kecil ku sebagai sastra, sebagian bilang hanya catatan kosong, sebagian lagi berasumsi sebagai sajak yang dirajut tak beraturan menjadi sebuah cerita……………..
    padahal aku hanya membiarkan pena menzinahi sepetak kertas kosong yang berserakan di lantai, di meja, di dinding, di kamar ku yang semrawut mirip jalanan kota-kota besar. alhasil pena pun berzinah dengan edan bermain dengan ribuan gaya, terkadang berhenti begitu saja, tapi, tak sedikit pena mengangkangi kata dengan segala kebodohannya hingga kertas tak kuat menahan, menjadi robek atau berlanjut dengan petak lainnya………..
    dan jika berkenan saya mengundang saudara untuk mengunjungi situs di bawah ini
    http://firmansyaharia1982.wordpress.com/
    silahkan beri komentar dan jika ternyata saudara hendak menari bersama, maka saya dengan senang hati akan menerbitkannya……..

  17. Salam sastra, dengan komunitas sastra semoga sastra tidak terkubur dalam hiruk pikuk keserakahan manusia….

  18. Salam Sastra!
    KSI sudah besar, tapi sayang tidak ada yang mengurus blog ini. Tak apalah kalau waktunya habis untuk berkarya daripada untuk mengurus blog.
    KSI sudah punya cabang dimana-mana.
    Alangkah indah jika di blog ini di link ke blog KSI cabang di daerah-daerah. Di masing-masing blog KSI Cabang, tentunya dicantumkan profil. Minimal alamat, nomor yang bisa dihubungi, dan emailnya.
    Jadi, setaiap kali KSI Cabang yang ada di daerah mengadakan acara, akan mudah menyebarkan pemberitahuannya.
    Begitu.

    -Ryan Rachman, KSI Cabang Purwokerto

    • Terima kasih atas komentae Bung Ryan. Perlu kami beritahukan, blog ini bukan milik KSI. Kebetulan, namanya Komunitas Sastra Indonesia, tapi coba Bung perhatikan tagline di bawah nama blog ini.
      Maaf pula bila komentar Bung juga baru disetujui karena terus terang blog ini memang tak terurus dalam beberapa lama. Sekarang, kami mulai mengurusnya kembali. Kami tunggu komentar Bung yang lain.
      Sekali lagi, terima kasih.

  19. Hallo,assalamualaikum.
    Saya mau nanya , kalau mau gabung ke komunitas sastra pengarang puisi atau cerita, bagaimana?
    Nah berikutnya, akhir-akhir ini ada lomba tentang karya sastra ndak?

    • Terima kasih atas kunjungan Bung Ramadhan.
      Maaf, ini bukan blog komunitas sastra sebagai organisasi. Ini blog yang berbicara tentang segala hal mengenai komunitas sastra di Indonesia.

  20. Teruslah dalam kesetiaan yang jingga merentanglebarkan sayap-sayap kreativitas sastra, meniriskan cahaya rembulan kehidupan, dan kami di gubuk-gubuk kehausan senantiasa merindui mesra belaianmu hingga kenikmatannya menyatu dalam detak nadi kami.

  21. dari puisi ke arsitektur.

    suatu hal yang menarik ketika sastra berjalan seiring dengan arsitektur. ketika ‘rasa’ pada suatu sastra membentuk ruang.
    maka pada ruang tersebut hadirlah suatu keadaan/kejadian [matters] pada suatu waktu [time] sehingga menjelma ingatan [memory] yang kuat dan membekas.

    semoga melalui wacana2 yang ada dapat membantu saya untuk menghadirkan suatu ‘ruang komunitas sastra indonesia’ pada final project saya ini.

    melalui postingan ini, diharapkan ada yang berkenan memberikan beberapa referensi saya sehubungan dengan final project tersebut,
    dapat mebghubungi via email/YM: lalalarasati@yahoo.com.

    trims.

  22. Wah2, aku izin ikut ngeprint 1 artikel ye, (tenang aja, nama/link blog saya cantumkan) dan itu artikel ikut ya buat nambah2 nilai tugas hehe…

    trims…

  23. Bung, mana dong update blognya. Lagi ngumpet ya?🙂 Btw, mau ijin sharing info nih. Bagi yang mau download 2000 cerita pendek dari sriticom klik disini. Bagi yang mau download skenario film, ebook novel dan islami, klik disini. Terima kasih.🙂

  24. Sastrawan seharusnya bisa meyakinkan Depdiknas bahwa pengajaran Bhs Indonesia dis ekolah – sekolah kita meniru kurikulum International Baccalaureate Language A1 atau A2 sehingga siswa kita melek sastra. A1 baca buku 15 buah, A2 baca 4 buku tersdiri dari puisi,novel, cerpen atau drama. Selama ii pengajaran Bhs Indonesia di sekolah kita sebagai bahasa asing. Ironis, penutur asli diajar bahasa indonesia sebagai bahasa asing. Makanya logika masyarakat kita tidak nyambung.

  25. saya sebagai penggemar sastra senang ada sebuah komunitas yang mendukung perkembangan sastra indonesia. Adanya blog ini, saya mengharapkan untuk diri saya sendiri dapat meningkatkan keinginan saya menulis banyak sastra puisi dan cerita. Bisakah saya bergabung dengan komunitas ini? bagaimana caranya? dan dimana?

  26. hai, ksi, salam kenal. semoga dengan membaca percikan-percikan pemikiran dalm blog ini, birahi aku untuk menulis sastra, puisi, cerpen dan kritik sastra kembali bangkit. salam buat iwan gunadi. melancong ke negeri seribu buruhnya, sunggug menabjubkan.

  27. Saya memberikan apresiasi yang tinggi untuk blog komunitas sastra, sanagt memberikan manfaat bagi saya yang sudah tua, namun masih balita atau sangat junior dalam dunia sastra, karena turut memberikan pencerahan dalam perjalanan dan cakarawala pandang dalam proses kreatif jiwa dalam berkarya. salam sastra, Budhi Setyawan.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s